Rabu, 16 Mei 2012

All In One...Singapore

Singapura punya segalanya untuk setiap orang, baik wisatawan yang mencari surga belanja maupun wisatawan yang hanya mencari pengalaman ke negeri orang.
Dari restoran mahal dengan pelayanan istimewa hingga restoran pinggir jalan dengan rasa yang tak kalah lezat. Restoran-restoran menyajikan tidak hanya makanan Asia yang memang lebih mudah dijumpai di food court mall, tetapi juga berbagai variasi makanan India, Eropa, dan Melayu. Makanan-makanan Eropa dengan harga di bawah 10sgd bahkan dapat ditemukan di beberapa mall di daerah ramai wisatawan, seperti Orchad dan Sommerset. Sementara bagi penggemar makanan India, daerah Little India tentunya dapat menjadi tempat mencari yang tepat. Dengan berbagai nama dan tempat, restoran India tersebut menyajikan santapan India dengan rasa otentik dan harga terjangkau. Wisatawan juga dapat menikmati sarapan lengkap khas Singapura seharga 2sgd yang biasanya berisi roti panggang, telur, dan kopi / teh tarik di pusat-pusat kopi tiam yang tersebar di berbagai tempat di Singapura.
Dari pusat-pusat belanja besar dengan harga yang menguras kantung hingga pusat-pusat belanja rakyat dengan ragam barang yang tidak kalah lengkap. Mall-mal besar tentunya tidak asing lagi di Singapura. Salah satunya adalah Marina Bay Sands yang menjual barang-barang mewah dan berkualitas nomor satu dari berbagai perancang dan produksi. Beberapa merk yang dijual adalah merk-merk dunia yang tidak dijumpai di Indonesia. Tapi menengok ke daerah pinggiran seperti Bugis dan Little India, maka Anda akan menemukan surga belanja lain bagi kita yang bepergian dengan budget terbatas. Pusat perbelanjaan bernama Mustafa di Little India menyediakan hampir setiap barang kebutuhan dan produk yang mungkin terpikirkan, mulai dari produk elektronik berbagai merk, produk perawatan, dan obat-obatan hingga produk-produk makanan, seperti sayur, coklat, biskuit, permen, dll yang dapat menjadikan pusat perbelanjaan ini tempat yang tepat untuk berburu oleh-oleh makanan. Tidak berhenti disitu, satu lantai pusat perbelanjaan ini berisi produk-produk parfum dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Beralih ke daerah Bugis yang juga menyediakan sepanjang jalan padat berisi penjual pakaian dan pernak pernik lainnya bagi yang mencari souvenir yang tidak terlalu menguras kantung. Kualitas barang-barang tersebut mungkin tidak sebaik produk nomor satu buatan perancang, tapi tentunya dapat juga memuaskan jiwa belanja wisatawan dengan budget terbatas.  
Dari hotel-hotel mewah berbintang lima hingga hotel-hotel bintang tiga dengan fasilitas ruangan dan kebersihan yang tetap memenuhi standar. Tidak perlu ditinjau lagi apakah tersedia hotel-hotel mewah di Singapura. Di daerah-daerah mewah dan padat, hotel-hotel berbintang lima berdiri dengan gedung layaknya istana yang dilengkapi lampu-lampu dan arsitektur cemerlang. Namun jika menengok daerah-daerah lainnya, tersedia juga hotel-hotel berharga tidak terlalu mahal. Walaupun hanya dinaungi gedung kecil dengan cahaya secukupnya, fasilitas kamar hotel ini cukup untuk menyediakan tidur nyenyak dan nyaman. Ruangan yang disediakan memang lebih kecil dan fasilitas yang disediakan tentu tidak selengkap hotel-hotel berbintang lima bak istana, tapi bagi pengunjung yang menikmati berjalan-jalan dan menggunaka kamar hotel hanya untuk istirahat tampaknya ruangan super luas tidak akan terlalu berbeda selama disediakan ranjang cukup nyaman untuk membaringkan badan yang lelah. Hotel-hotel ini juga ditempatkan di daerah-daerah yang dapat terjangkau dengan berjalan kaki dari stasiun MRT terdekat, beberapa bahkan dekat dengan mall-mall dan pusat makanan.
Dari pertunjukkan-pertunjukkan akrobat dengan harga cukup tinggi hingga pertunjukkan tanpa biaya berkualitas tidak kalah menakjubkan. Pertunjukkan akrobat Rusia seperti Voyage de Lavie dan pertunjukkan laser seperti Song of The Sea di Sentosa Resort World dapat disaingi dengan pertunjukkan laser dan koser gratis. Pertunjukkan laser berlokasi di depan mall Marina Sands yang bergengsi, pertunjukkan gratis ini merupakan paduan antara laser, air, asap, dan api yang dibuat sedemikian rupa sehingga menciptakan kesan layar yang menampilkan film dengan cerita. Keunikan pertunjukkan ini sangat disayangkan jika sampai terlewatkan, apalagi lokasinya berjarak dekat dari patung Merlion yang menjadi ikon Singapura. Sementara konser tersebut dapat ditemui di sekitar Esplanade Mall setiap akhir pekan. Konser yang dapat dinikmati tanpa biaya ini bukanlah konser pinggir jalan, tapi konser sungguhan dengan kursi bagi penonton, penyanyi berkualitas, dan alat-alat musik yang memang disediakan khusus. Tiap malam daerah sekitar Esplanade dan Marina Sands ini ramai dikunjungi baik wisatawan maupun warga setempat yang ingin mencari hiburan dari kepenatan sehari-hari.
Dari transportasi taxi hingga MRT dan bis yang tidak kalah nyaman dan ramah wisatawan. Bepergian ke Singapura tidaklah perlu khawatir dengan transportasi dan mobil sewaan yang akan memakan biaya. Hampir tiap daerah memiliki stasiun MRT tersendiri. Kereta berkelajuan cepat ini tersedia setiap beberapa meni dengan kenyamanan seperti pendingin ruangan, peta, dan penunjuk daerah yang ramah wisatawan. Halte-halte bis juga dapat ditemui di banyak tempat di pinggir jalan. Bis-bis dengan nomor tertentu ini memiliki rute tersendiri yang mungkin lebih membigungkan dari rute MRT, tapi informasi jelas rute ini dapat ditemukan di terminal penggantian bis. Belum lagi fakta bahwa Singapura terkenal dengan keamanan dan kenyamanannya bagi wisatawan, tidaklah perlu khawatir berkendara dengan kendaraan umum berkeliling negeri singa duyung ini.
Sebagai satu-satunya negara maju di kawasan Asia Tenggara, mungkin membuat Singapura tahu kebutuhan semua kalangan masyarakat. Keramahan dan kelengkapan yang disediakannya telah membuat Singapura menjadi salah satu tujuan wisata popular.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar